Tampil Cantik Ala Indonesia


Dengan 6.500 varietas tanaman, tentu saja Indonesia merupakan tempat ideal, mengolah berbagai bahan baku untuk mendapat penampilan sempurna.
Yup, karena semuanya tersedia dengan berlimpah, sebut saja mulai dari beras yang sangat baik untuk proses scrubbing atau pengelupasan kulit mati, minyak kelapa yang kerap dipergunakan untuk ekstrak sabun, shampoo, ataupun body lotion, atau ekstrak aneka bunga yang juga digunakan untuk aromaterapi, relaksasi dan healing.
Ingin tahu, apa saja hasil alam Indonesia yang banyak di adaptasi produsen perawatan dan kecantikan tubuh. Dan apa saja fungsinya? Ini dia daftarnya.
1. Beras
Sebagai makanan utama mayoritas rakyat Indonesia, beras memiliki struktur yang sama dengan ceramide, dimana fungsinya adalah bertanggung jawab dalam meregenerasi sel kulit.
Belum lagi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras akan membuat kulit terasa lembut. Beras dikenal sangat baik untuk digunakan dalam proses body scrubbing dan ritual facial.
2. Kelapa
Kelapa memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Ekstrak minyaknya dimanfaatkan untuk melembabkan tubuh, shampoo, dan sabun. Karena teksturnya, yang melembabkan dan aromanya yang tropikal, membuat kelapa juga sering dimanfaatkan sebagai body massage oil. Hampir semua produk perawatan rambut, wajah, dan tubuh memiliki coconut range.
3. Mandi Lulur
Lulur adalah tradisi para putri keraton sejak abad ke-17, untuk mengelupas kulit mati di tubuh mereka sehingga kulit kembali halus dan berkilau.
Untuk melakukan lulur, biasanya digunakan racikan dari tumbukan beras, kunyit, temulawak, ekstrak bunga melati, dan minyak kelapa. Semuanya merupakan bahan baku yang berasal dari aneka tanaman khas Indonesia.
Usai luluran, biasanya dilanjutkan dengan terapi minum jamu, di mana ramuan yang terkandung di dalamnya merupakan ramuan aneka tanaman herbal Indonesia untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh.
4. Mandi Susu
Pada awalnya mandi susu adalah merendam tubuh di dalam bath tub yang berisi susu sapi atau kambing untuk mendapatkan kulit halus dan putih.
Seiring dengan kemajuan teknologi, susu yang digunakan sudah berupa bubuk dan merupakan ekstraknya saja, sehingga tidak lagi berlemak dan bau.
5. Boreh Bali
Balinese Boreh Bali sudah terkenal di seluruh dunia, ramuan ini adalah perawatan untuk menghangatkan tubuh sehingga terhindar dari penyakit, seperti sakit kepala, batuk, ataupun rematik dengan menggunakan ramuan herbal, yang diantaranya adalah jahe, kayu manis, tumbukan beras, dan minyak hangat. Setelah dioleskan ke sekujur tubuh dan mengering, ramuan akan digosok sampai bersih. Dilanjutkan dengan pemakaian body lotion atau pelembab.
6. Aromaterapi
Berbagai bunga yang tumbuh dengan subur menginspirasi lahirnya spa aromaterapi yang memanfaatkan ekstrak aneka bunga. Ekstrak bunga ini akan dicampur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat tubuh sehingga menambah rileks otot dan syaraf tubuh. Tubuh akan dipijat untuk melancarkan peredaran darah.