Say Say Say Lagu Jacko Paling Populer

Michael Jackson memiliki puluhan hits, tetapi nomor hitsnya yang paling populer bukan berasal dari nomor smash solo-nya atau lagu yang dinyanyikan bersama saudara-saudaranya. Nomor yang dimaksud adalah sebuah nomor yang dibawakan oleh seorang ikon musik legendaris lainnya.
Menurut Billboard, lagu Say Say Say (1983) milik Jacko yang dibawakan Paul McCartney, adalah lagu Jacko yang paling populer. Yang diikuti dengan nomor Billie Jean, nomor milik Jackson Five I'll Be There, Beat It, dan Rock With You.
Billie Jean berada di urutan No. 1 tangga lagu selama tujuh minggu, sementara nomor Say Say Say memegang posisi teratas selama enam minggu. Tapi hits McCartney-Jackson tersebut bertengger pada top 10 lebih lama.
Billboard merilis statistik Jackson menjelang ulang tahun kematian sang Raja Pop tersebut, yang meninggal pada 25 Juni 2009, di usia 50.
Say Say Say adalah lagu pop yang ditulis dan dibawakan Paul McCartney dan Michael Jackson. lagu ini diproduseri oleh George Martin untuk album solo kelima McCartney yaitu Pipes of Peace (1983).
Lagu ini direkam selama tahun 1982 untuk menarik produksi album War McCartney, sekitar setahun sebelum mereka merilis The Girl Is Mine yang merupakan pasangan duet pertama dari album Jackson yang memecahkan rekor, Thriller (1982).
McCartney memainkan beberapa instrumen dalam nomor Say Say Say, termasuk perkusi, synthesizer, gitar dan bass. Harmonika dimainkan oleh Chris Smith dan rhythm gitar dimainkan oleh David Williams.
Lagu ini direkam oleh Geoff Emerick. Produksi album say Say Say diselesaikan pada Februari 1983, setelah itu disempurnakan dan overdubbed di Cherokee Studios di California.
Setelah dirilis pada Oktober 1983, Say Say Say menjadi hit Jackson ketujuh pada Top 10 dalam setahun. Nomor itu sempat menduduki nomor satu hit di Amerika Serikat, Norwegia, dan Swedia, mencapai nomor dua di Inggris dan bertengger di posisi puncak dalam 10 besar tangga lagu di Australia, Austria, Selandia Baru, Belanda, dan Swiss.
Say Say Say menerima review yang beragam dari para kritikus musik. Liriknya sempat diberi gelar lirik yang terburuk pada 1983 oleh The News Buffalo Anthony Violanti, sementara Lexington Herald-Leader menyatakan dalam review Pipes of Piece tersebut, selain dari nomor Say Say Say dan The Man, McCartney terkesan bertingkah cengeng.
Disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of America, lagu itu dipromosikan dalam video musik yang disutradarai oleh Bob Giraldi. Video yang difilmkan di Santa Ynez Valley, California, menampilkan penampilan cameo Linda McCartney dan La Toya Jackson.
Inti cerita film pendek tersebut berkisah tentang dua penipu yang disebut Mac dan Jack (yang diperankan oleh McCartney dan Jackson), dan dikreditkan untuk mengenalkan dialog dan alur cerita untuk video musik. Video ini dianggap terlalu keras oleh the National Coalition on Television Violence untuk disiarkan di Amerika Serikat.