Azza Rhoma Irama Habiskan Miliaran Rupiah

Vakum dunia hiburan 10 tahun lamanya, Rhoma Irama kembali meluncurkan album baru, Azza. Video klip single Azza itu menghabiskan dana miliaran rupiah.
Dalam sebuah kesempatan, Rhoma pernah mengatakan tak akan melakukan rekaman karena kondisi pembajakan yang menggila. Jangankan untuk menangguk keuntungan, kembali modal pun sulit.
Namun kini Bang Haji, begitu ia disapa, mau kembali masuk dapur rekaman. Salah satu alasanya karena sukses Ridho Rhoma dengan Sonet 2 Band yang berhasil meraih Ring Back Tone (RBT) dengan jutaan pengunduh.
"Di dunia musik saat ini, penjualan album fisik memang sudah tidak bisa diharapkan. Tentu saja alternatif RBT, ini suatu peluang untuk bisa menyalurkan kemampuan kita. (RBT) ini sangat positif sekali," terang Rhoma saat menggelar konferensi pers di acara peluncuran album Azza di Blitzmegaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (26/7/10).
Lagu Azza, menurut Rhoma, adalah sebuah puji-pujian kepada Tuhan. Menurut suami Richa Rachim ini, kata Azza diambil dari 99 nama indah (Asmaul Husna) Allah SWT. Tema ini tentu tidak asing, karena sejak mendirikan Soneta Group, visi dari lagu mereka adalah Voice of Moslem.
Sedangkan musik dalam lagu ini sedikit berbeda dengan lagu-lagu Rhoma yang sudah ada. Jika sebelumnya Rhoma kental dengan musik dangdut dengan sentuhan musik rock, pop, bahkan India, di lagu Azza aransmennya dibuat dengan sentuhan musik Timur Tengah.
"Kami menentukan dulu lokasi syutingnya dimana, baru membuat musik dan liriknya. Karena diminta lokasi syutingnya di Mesir, jadi musiknya dibuat seperti ini. Ide ini memang beda dari yang pernah saya kerjakan," sambung Rhoma.
Rhoma bekerjasama dengan label yang juga menaungi Ridho dan Sonet 2 Band, Falcon. Untuk membuat video klip Azza, dibuat sampai harus ke Mesir. Konon, biaya untuk video klip ini menelan biaya sampai miliaran rupiah.
"Saya ingin video klip dengan hasil maksimal. Ini memang menghabiskan miliaran rupiah. Tapi nilai sebesar itu menjadi kecil jika yang kita buat adalah Rhoma Irama," timpal HB Naveen dari Falcon.
Di album ini, Rhoma mempersembahkan 10 buah lagu. Namun, hanya ada dua lagu baru, selain Azza ada Gala-Gala yang merupakan lagu versi berbahasa Indonesia dari lagu Jana-Jana. Sisa delapan lagu adalah lagu-lagu hits Rhoma seperti Kehilangan, Keramat, Rana Duka, Tabir Kepalsuan, 1001 Macam, Patah Hati, Sebujur Bangkai dan Kata Pujangga.