Piano Elvis Presley Dilelang

Piano berwarna putih milik Elvis Presley dan kontraknya tahun 1955 dengan RCA Records akan memasuki balai lelang di Memphis bulan Agustus. Menurut petugas lelang, Senin (26/7/2010), piano itu diperkirakan akan meraih harga lebih dari 1 juta dollar AS.

Kesepakatan pembelian buat rumah besar Graceland milik Raja Rock n` Roll tersebut dan satu surat yang ditulis Elvis pada 1955 kepada pacarnya saat itu, tak lama setelah dia masuk militer AS, juga termasuk di antara sorotan dalam lelang 270 jenis Elvis Memorabilia pada 14 Agustus.

Elvis memiliki dan memainkan piano Knabe warna putih itu selama satu dasawarsa. Penyanyi tersebut membelinya pada 1957 dari auditorium Ellis di Memphis, tempat piano itu telah dimainkan oleh penampil ajaran Kristus yang datang selama lebih dari 20 tahun.

Piano tersebut dimainkan di ruang musik Graceland sampai 1969.

Doug Norwine, Direktur Music & Entertainment di Heritage Auctions, mengatakan bahwa piano itu adalah "harta berharga yang menyimpan emosi Raja Pop itu sendiri".

Kontrak tugas pribadi penyanyi tersebut dengan RCA Records, yang ditandatangani oleh Elvis, ayahnya, dan manajernya, Kolonel Tom Parker, diperkirakan akan mencapai harga lebih dari 150.000 dollar AS.

Norwine mengatakan, kontrak itu menandai peralihan Elvis dari penampilan gaya orang selatan yang terkenal di Sun Records ke gaya superstar internasional.

Kesepakatan pembelian pada tahun 1957 bagi Graceland diperkirakan meraih 35.000 dollar AS. Adapun surat tulisan tangan Elvis sebanyak empat halaman kepada kekasihnya, Anita Wood, pada 1958, diperkirakan akan laku dengan harga 75.000 dollar AS.

Barang lain meliputi buku telepon dan alamat pribadi Elvis, sepasang kacamata anti-sinar Matahari berbingkai emas, serta senapan.

Elvis meninggal pada 1977 dalam usia 42 tahun akibat sakit jantung, setelah ia mengonsumsi campuran obat yang diresepkan. Permintaan bagi memorabilianya tetap kuat dan seikat rambutnya dijual dengan harga 18.300 dollar AS saat lelang tahun lalu.