Film Julia Roberts Tarik Wisman ke Bali

Film terbaru Julia Roberts, Eat Pray Love (EPL), potensial sebagai wahana untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara mengunjungi Bali.
"Kita mengambil momen ini (rilis film EPL) untuk lebih mempromosikan Bali ke dunia internasional," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta, Senin (23/8).
Ia mengatakan, lokasi syuting film EPL yang salah satunya mengambil tempat di Bali harus dijadikan momen promosi wisata Bali dan Indonesia pada umumnya secara tidak langsung ke dunia internasional.
Apalagi, gala premier film EPL yang diselenggarakan di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu menuai sukses dan ditonton oleh jutaan pecinta film di negeri itu.
"Kami menghadiri acara gala premier tersebut di AS dan kami melihat itu sukses," katanya.
Pihaknya akan mulai menawarkan lokasi syuting film bertaraf dunia selain Bali, yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.
"Kami menawarkan kepada produser film kelas dunia beberapa tempat syuting film skala dunia," katanya.
Tahun lalu, pihaknya sempat bertemu dengan produser EPL di Bali dan menawarkan hal itu.
Bahkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik, pada kesempatan itu menawarkan lokasi syuting antara lain Sumbawa yang sangat cocok untuk film bertema koboi.
Tidak hanya itu masih banyak tempat lainnya di Indonesia yang sangat layak untuk dijadikan lokasi syuting film kelas dunia.
Pihaknya bertemu dengan produser film EPL yakni Stein Wlodkowski dan mendengarkan pendapat mereka tentang Bali.
Menurut, Wlodkowski dan krunya yang datang akhir 2009, mereka sangat terkesan dengan Indonesia, khususnya Bali, yang dinilainya sebagai tempat paling romantis di dunia.
Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan Wlodkowski dan krunya untuk mengambil gambar film dengan bintang peraih Oscar, Julia Robert, di Bali.
Menurut Sapta, film akan menjadi sarana yang sangat efektif untuk memperkenalkan kebudayaan Bali ke mancanegara, sekaligus merangsang keinginan orang berkunjung ke Bali.
Ia berpendapat, film merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan alam dan budaya ke mancanegara, sehingga meningkatkan apresiasi dunia terhadap Indonesia, khususnya Bali.
Umumnya, para penonton film biasanya penasaran dan tertarik untuk mengunjungi lokasi shooting.
"Apalagi film ini dibintangi oleh aktris ternama Julia Roberts," katanya.