Parah Qory Sandioriva Gagal Tembus 15 Besar

Puluhan komentar miring terkait kemampuan bahasa Inggris Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva dalam video wawancaranya di ajang Miss Universe 2010, muncul di dunia maya.

Komentar-komentar tersebut mencuat dari para pengakses video hasil wawancara Qory, yang terpampang di YouTube. Hal tersebut diakui salah satu rekan Qory, Zukhriatul Hafizah, koleganya saat perhelatan ajang Puteri Indonesia 2009.

Fiza --panggilan Zukhriatul Hafizah--, penyandang gelar Puteri Lingkungan 2009 itu, semula enggan menanggapi kritikan masyarakat terhadap video tersebut. Namun sebagai salah seorang teman Qory, Fiza mengaku cukup sedih membaca tanggapan-tanggapan dari para komentator video tersebut.

"Saya cukup sedih ya, karena komentarnya tajam-tajam. Mungkin saja, Qory agak gugup, jadinya seperti itu," tanggap Fiza, di sela-sela sebuah acara kampanye anti-rokok garapan Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, di Tugu Proklamasi, Jakarta, pada akhir pekan lalu.

Menurutnya, komentar-komentar miring terhadap koleganya itu, bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi banyak orang, apalagi terhadap dirinya. Fiza menyatakan akan berangkat mewakili Indonesia ke kancah internasional pada Oktober 2010.

Runner-up Puteri Indonesia 2009 ini bakal berangkat ke Cina pada akhir Oktober 2010, bertarung pada Miss International Beauty Pageant.

Fiza kembali menegaskan, pengalaman yang didapat Qory di perhelatan Miss Universe 2010, baik maupun buruk, dapat dijadikan modal untuk memperbaiki diri di ajang internasional tersebut. "Saya berharap bisa belajar dari pengalaman Qory. Banyak hal yang bisa saya pelajari," demikian Fiza.