Rieke Dyah Jadi Anggota Dewan Karena Franky Sahilatua

Artis yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Rieke Dyah Pitaloka, blak-blakan buka rahasia siapa dalang di balik keputusannya terjun ke gelanggang politik nasional. Ia menyebut orang tersebut adalah pelantun tembang Perahu Retak, Franky Sahilatua.

"Saya dijerumuskan ke dunia politik oleh Franky Sahilatua," ungkap Rieke ketika memberi sambutan di Malam Doa dan Solidaritas Untuk Franky Sahilatua di Scoore, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (23/8) malam.

Namun, bukan sakit yang dirasakan Rieke. Sebaliknya, ia merasakan nikmat. Sebab, berkat andil Franky, pemeran Oneng di serial komedi Bajaj Bajuri itu berhasil duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat. "Franky memberi saya keberanian yang tidak pernah dilakukan oleh orang lain," kata Rieke.

Di mata Rieke, Franky punya andil membangun kesadaran politik masyarakat. Banyak di antara karya-karya Franky sarat nuansa kritik. "Dengan karya-karyanya, Franky mengajarkan, kita terlahir dari rahim yang sama, yaitu Indonesia," tutur Rieke.

Rieke berharap Franky bisa segera berkiprah kembali ke gelanggang politik nasional. "Saya ingin Franky bisa sembuh dan ada di antara kita," jelas Rieke.Franky dalam sebulan terakhir ini terbujur di rumah sakit General Hospital Singapura akibat menderita kanker sumsum tulang belakang.