Anggun C Sasmi Live di CNN

Untuk ketiga kalinya Anggun tampil di CNN. Anggun diwawancara secara langsung oleh CNN atas partisipasinya menjadi duta pangan yang ditunjuk oleh Badan Pangan Dunia (FAO) pada Minggu, 19 September 2010 lalu.

Membanggakan, itulah yang dirasakan publik Indonesia saat menyaksikan Anggun tampil live di televisi milik Ted Turner, CNN.

Anggun sebagai duta Food and Agriculture Organization (FAO) dari PBB, secara pribadi diundang oleh Sekjen PBB Ban Ki Moon, untuk berpartisipasi di pertemuan puncak Millenium Developments Goals (MDG's) di New York, 17-23 September 2010.

Anggun diwawancarai langsung oleh presenter CNN, Anna Coren. Dia menjadi juru bicara PBB untuk mengkampanyekan 1billionhungry.org, situs yang diluncurkan PBB-FAO untuk mengajak masyarakat dunia memberikan dukungan terhadap pemberantasan kelaparan di dunia.

"Ketika saya mengetahui proyek 1billionhungry.org memang Anda tidak melihat langsung kelaparan yang sudah parah, di mana orang menderita. Bukan berarti kita tidak berbuat sesuatu untuk mereka. Ini adalah tugas saya sebagai manusia juga seorang ibu, mengetahui anak-anak meninggal setiap enam detik, itu hal yang tidak bisa diterima," tutur Anggun,.

Anggun menjelaskan 1billionhungry.org adalah ruang bagi masyarakat yang konsen dengan pemberantasan kemiskinan dan kelaparan dengan hanya mengirimkan pesan kepada pengambil kebijakan termasuk pemerintah dan politisi.

"Ini tidak bisa dijalankan oleh satu kementrian saja. Kita butuh banyak orang untuk menekan pemerintah untuk memimpin pelaksanaannya, dengan jutaan tanda tangan melalui 1billionhungry.org untuk menandai reaksi kita. Saya pikir jutaan dukungan sangat signifikan supaya mereka tahu kita tidak sendiri. Ini butuh politik level tinggi yang bisa melakukannya," tambahnya.

Anggun dalam menjalankan tugas yang mulia ini optimis bahwa kemiskinan dan kelaparan bisa dikurangi secara drastis, jika para pemimpin dan politisi di setiap negara bergerak menuntaskannya.

"Anda tahu cukup uang didunia ini untuk mengatasi kelaparan, ketika beberapa waktu lalu krisis keuangan melanda dengan cepat mengucurkan dana dalam tempo tidak sampai seminggu, ini untuk menyelamatkan bank. Sekarang kita bicara orang yang sekarat, kita memang tidak melihat langsung. Kita punya infrastruktur memadai hingga ini bisa terlaksana, dengan menempatkan isu ini ditempat teratas," lanjut Anggun.

Selain wawancara khusus dengan CNN, Anggun sebagai duta dari salah satu produk shampoo juga diundang untuk menyampaikan 'Live, Learn and Thrive Partnership Award' ke The United States Center sebagai pusat pengendalian dan pencegahan penyakit yang membantu menyelamatkan kehidupan di seluruh dunia.

Di sini Anggun memiliki hak istimewa untuk bergabung selevel dengan Presiden Bill Clinton dan model superstar Gisele Bunchen, dan aktor Edward Norton.