Misteri Lagu Populer Uptown Girl Terkuak

Lagu Uptown Girl sangat populer di tahun 1983 yang dinyanyikan Billy Joel bercerita tentang seorang gadis. Usut punya usut, selama ini orang salah kaprah mengenai siapa sebenarnya gadis yang dibicarakan oleh Joel. Lalu siapakah dia?

Sebuah buku berjudul Girl In The Song memuat 50 lagu yang bercerita tentang perempuan dan menjadi ikon musik antara lain lagu Kinks," Lola", Sweet Caroline oleh Neil Diamond, Something (George Harrison), See Emily Play oleh Pink Floyd.

Salah satu lagu yang menjadi pembahasan adalah Uptown Girl yang oleh banyak orang dianggap ditulis Joel karena terinspirasi oleh supermodel yang saat itu menjadi kekasihnya, Christie Brinkley. Namun, puluhan tahun kemudian terungkap jika lagu itu ditulis untuk supermodel lain,Elle Macpherson.

Menurut buku yang ditulis Michael Heatley dan Frank Hopkinson, Joel waktu itu sedang berlibur di Kepulauan Karibia dan tinggal sehotel dengan sejumlah model dan salah satunya adalah Elle.

Namun, kisah cinta kilat itu berakhir dan ia kemudian mengencani Christie dan model serta penyanyi bernama Whitney Houston. Tak berapa lama kemudian ia meminta Christie menjadi model di video dan kemudian menjadikannya istri dan pernikahan itu bertahan selama sembilan tahun. Inilah video Uptown Girl