Markus Horison - Kiki Amelia Hanimun Sehari

Kiper Timnas Indonesia Markus Horison memanfaatkan libur sehari bersama keluarga sejak Rabu sore hingga Kamis setelah ofisial Timnas Indonesia memberikan kesempatan libur latihan menjelang pertandingan semifinal AFF Suzuki Cup 2010.

"Saya ingin memanfaatkan waktu liburan yang cuma sehari ini untuk berkumpul dengan keluarga. Ini kesempatan kita berbagi waktu dan kebahagiaan sambil mencari spirit baru," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Rabu.

Di ajang AFF Suzuki Cup Markus Horison yang bernama lengkap Markus Haris Maulana telah tampil penuh selama 270 menit dalam tiga pertandingan yang telah dijalankan Timnas yakni saat melawan Malaysia, Laos dan Thailand.

Dari ketiga pertandingan tersebut ia hanya kebobolan dua gol saat berhadapan Malaysia (5-1) dan melawan Thailand (2-1) pada putaran Grup A yang diakhiri dengan kemenangan sempurna dan mengantarkan Timnas Merah Putih sebagai juara grup.

Pelatih Alfred Riedl sendiri usai pertandingan melawan Thailand pada Selasa malam memang mengumumkan masa libur sehari bagi para pemain Timnas untuk beristirahat, bahkan dibebaskan dari aktivitas latihan.

"Hari Kamis kami istirahatkan seluruh pemain, dan baru hari Jumat latihan dilanjutkan untuk mempersiapkan diri ke semifinal," ujar Alfred Riedl.

Mengenai produktivitas gol yang dibuat tim Merah Putih yakni memasukkan 13 gol dan kemasukan hanya dua gol, Markus menegaskan bahwa hal itu merupakan hasil kerja kerasa semua pihak.

"Itu merupakan hasil kerja keras semua pihak terutama antara pemain dan pelatih. Berikutnya kami harus bekerja keras lagi mempertahankan performa terbaik saat menghadapi semifinal nanti," ujarnya.

Mengenai dua kiper lainnya yakni Ferry Rotinsulu dan Kurnia Meiga yang belum sempat diturunkan oleh pelatih, Markus menegaskan seluruh pemain Timnas merupakan satu kesatuan tim yang tak bisa dipisah-pisahkan dan tidak pula layak untuk dibeda-bedakan peranannya dalam keberhasilan Timnas.

Kiper berkepala plontos kelahiran Pangkalan Brandan, 14 Maret 1981 itu pun berjanji akan terus meningkatkan kesiapannya bersama semua anggota Timnas menghadapi dua partai semifinal yang akan dimainkan secara kandang dan tandang pada 15 dan 18 Desember mendatang.

"Saya ingin terus meningkatkan kemampuan. Tetapi apakah saya masih akan diturunkan sejak awal atau tidak, berpulang kepada standar bahwa semuanya bergantung kepada pelatih," ujar Markus yang pada November lalu resmi bertunangan dengan artis Kiki Amalia.