Seni Mengajarkan Etika Makan pada Anak


SAAT si kecil makan sendiri, Anda melihat cara makannya begitu santun. Tapi herannya, setiap kali makan bersama keluarga besar, ada saja tingkahnya yang memalukan. Saatnya mengajarkan etika meja makan untuknya.

Menurut ahli perkembangan anak Elizabeth Donovan MA, “Mengajarkan etika meja makan pada anak dimulai dari saat mereka bisa mengambil makanan sendiri. Saat usianya bertambah, penting sekali bagi orangtua untuk melanjutkan etika makan karena ini membantu anak-anak membangun kemampuan sosial dan rasa percaya dirinya.”

Berikut beberapa poin penting dalam etika makan untuk si kecil sesuai perkembangan usia, seperti dibeberkan Sheknows.

Untuk anak baru belajar jalan

Selalu ajarkan mereka untuk mencuci tangan sebelum makan, katakan “tolong” saat memintanya makan dan “terima kasih” saat ia bisa menghabiskan makanannya, dan jangan memberikan makanan ke piringnya dengan cara kasar.

Untuk anak-anak prasekolah

1. Saat si kecil tumbuh besar, kemampuan mereka untuk menaati peraturan akan semakin besar. Aturan untuk anak prasekolah, di antaranya:

2. Saat makan di meja makan, gunakan alat makan, bukan telanjang tangan.

3. Makan setelah seluruh anggota keluarga mengambil makanan. Pastikan anak bisa menjaga pendapatnya tentang rasa makanan yang kurang lezat yang disuguhkan tuan rumah.

Untuk anak usia sekolah

Saat anak sudah menduduki bangku taman kanak-kanak ataupun sekolah dasar, beberapa etika makan yang sebaiknya mereka patuhi, di antaranya:
1. Jangan membawa mainan atau buku ke atas meja makan.
2. Duduk manis di bangku.
3. Ambil makanan dalam porsi kecil dan kunyah makanan dalam keadaan mulut tertutup.
4. Jangan menyeruput makanan atau minuman.
5. Buka serbet makan di pangkuan dan gunakan untuk membersihkan mulut usai makan.
6. Gunakan pisau (pisau mentega untuk anak lebih muda) dan garpu untuk memotong makanan.
7. Letakkan piring di dapur atau bak cuci piring usai makan.

Untuk bisa mematuhi peraturan makan, si kecil perlu mendapat penjelasan apa itu etika meja makan. Cara pertama, mulailah dengan konsep umum tentang etika dan perilaku makan malam keluarga besar.

Kedua, beritahu mereka perilaku mana yang harus dijauhi. Ketiga, ajarkan lewat contoh yang Anda tunjukkan saat makan bersamanya. Dan terakhir, berikan pujian atas kedisiplinannya terhadap etika meja makan yang telah Anda sampaikan.