Trik Pertahankan Warna Cat Rambut

MENGECAT rambut merupakan salah satu trik yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tampilan baru tanpa harus mengubah total model rambut. Mengecat rambut bisa membuat Anda terlihat lebih muda, lebih cerah, dan bahkan seksi. Simak sejumlah tips berikut ini untuk memastikan warna cat rambut Anda lebih tahan lama.

Sebelum mewarnai rambut, keramas menggunakan clarifying shampoo sehari sebelum rambut diwarnai. Menurut Eva Scrivo dari Eva Scrivo Salon di New York City, deterjen yang lebih kuat berguna untuk menghilangkan tumpukan produk rambut berlebih, sehingga warna cat rambut bisa meresap lebih dalam dan tahan lama.

Setelah rambut diwarnai, tunggu sampai 48 jam sebelum Anda mencuci rambut dengan shampo. ''Molekul warna memerlukan waktu untuk benar-benar meresap ke helai rambut,'' jelas Scrivo.

Keramas menggunakan shampo khusus unuk perawatan rambut bewarna, yang mengandung deterjen dengan formula lembut. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air dingin. Sebab, air panas membuka kutikula, sehingga menyebabkan warna rambut memudar.

Jika mungkin, pasang water purifier di showerhead Anda untuk menyaring zat-zat kimia tertentu. Air keran mengandung klorin, yang berfungsi sebagai bleaching agent. Bahkan, air yang baik juga mengandung mineral seperti tembaga yang melapisi rambut dan menutupi warna.

Untuk perawatan sehari-hari, gunakan pula kondisioner dan produk penataan rambut yang mengandung tabir surya, untuk menangkal sinar matahari merusak warna rambut. Semprotkan pula spray yang melindungi rambut dari panas sebelum menata rambut menggunakan alat yang panas seperti flattening iron, blow dryer, dan lain-lain.

Jika mau, ganti juga blow dryer Anda dengan ionic blow dryer yang memiliki tourmaline, yakni sejenis batu yang menghasilkan ion negatif sehingga mengurangi kekusutan dan menghemat waktu menata rambut hingga setengahnya.