36 Tahun Perjalanan God Bless Segera Difilmkan

TIDAK ada yang menyangsikan eksistensi God Bless. Hampir empat dekade, band rock paling legendaris di Indonesia ini masih bisa unjuk gigi meski personelnya sudah tidak lagi muda.
Perjalanan panjang band yang populer dengan lagu "Semut Hitam" itu rencananya akan difilmkan.

Adalah sutradara Riri Riza dan musisi Ridho "Slank" yang punya inisiatif itu. "Kami enggak kepikiran ke situ (bikin film). Mereka yang ingin mendokumentasikan," kata Ian, sang gitaris, ditemui di Pisa Cafe Mahakam, Jakarta Selatan, Kamis (11/11).
Ian mengatakan, hingga saat ini dia dan personel God Bless lainnya belum melakukan syuting. Hanya, beberapa dokumentasi perjalanan tur dan manggung mereka sudah diserahkan pada Riri untuk ditempelkan dalam film.
"Mungkin Desember sudah selesai. Bentuknya mungkin DVD dan boxset. Isinya tentang perjalanan God Bless yang bertahan selama ini," tuturnya.
Apa yang hendak God Bless sampaikan lewat film itu? "Lebih pada bagaimana 36 tahun kami masih bisa main. Mudah-mudahan bisa jadi contoh dan inspirasi buat band-band lain," jawab Ian.
Perjalanan God Bless tidak bisa lepas dari kehidupan sang vokalis, Amhad Albar atau yang biasa disapa Iyek. Publik tentu belum lupa, salah satu momen yang paling disorot media adalah ketika pria berambut kribo itu tersangkut kasus narkoba 2006 silam.
Iyek mengaku tidak keberatan jika nantinya film tentang God Bless juga menyinggung pengalamannya saat di bui. "Soal itu saya belum tahu akan ada apa tidak. Kan tergantung director-nya. Tapi Kalau itu positif, ya enggak apa-apa," kata Iyek.