Gejala - Gejala Kehamilan

Gejala - Gejala Kehamilan - Gejala awal kehamilan pada setiap wanita sangat bervariasi. Ada yang sadar dengan kehamilannya, namun tidak sedikit pula yang tidak menyadari sama sekali bahwa dirinya tengah mengandung dan baru mengetahui satu minggu, bahkan satu bulan kedepan.

Gejala - Gejala Kehamilan

Perubahan dalam diri atas gejala-gejala kehamilan pun tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Lantas, seperti apakah perubahan-perubahan yang akan dialami oleh seorang ibu hamil?

Mual dan muntah
Rasa mual dan ingin muntah, biasanya akan menghiasi hari-hari ibu yang sedang mengandung di awal-awal masa kehamilan. Dua hal tersebut memang lebih sering terjadi di pagi hari, namun juga di siang dan malam hari, tidak menutup kemungkinan, rasa mual atau muntah bisa datang seketika.

Kendati tidak ada penjelasan pasti mengenai rasa mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil, namun solusi untuk mengatasi hal itu, bisa dengan memakan makanan ringan, seperti biskuit asin, mengkonsumsi cukup karbohidrat, istirahat yang cukup, atau jika dirasa sudah berlebihan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan atau bidan.

Perubahan bentuk payudara
Kehamilan akan membuat perubahan yang cukup signifikan pada tubuh sang ibu hamil. Salah satunya yakni pada payudara. Dimana ukuran payudara ibu hamil, biasanya akan membengkak atau membesar, dan lebih berisi.

Pembengkakan payudara itu juga akan memicu area sekitar putting menjadi lebih gelap dan sangat sensitif. Hal itu tidak lain karena meningkatkan hormon HCG.

Sering buang air kecil
Wanita hamil biasanya akan sering bolak-balik kamar mandi, untuk buang air kecil. Atau terkadang hanya rasa ingin buang air kecil berlebihan yang timbul. Hal itu wajar terjadi, karena pembengkakan rahim memberikan tekanan pada kandung kehim sehingga memicu ibu hamil untuk buang air kecil lebih sering. Biasanya hal itu terjadi pada minggu pertama dan kedua usia kehamilan.

Cepat lelah
Ibu hamil biasanya akan merasa cepat lelah. Hal itu dipicu dengan meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh, yang menyebabkan pergerakan tubuh yang sedikit melamban dan adanya peninkgkatan suhu tubuh.

Pusing
Rasa pusing dan ingin pingsan kerap melanda ibu hamil. Hal itu dipicu karena ada tekanan oleh rahim pada arteri, sehingga menyebabkan adanya tekanan darah ke kepala, sehingga membuat Anda terasa pusing atau melayang.

Rasa pusing juga bisa disebabkan karena tidak sarapan, atau mengabaikan makan. Karena jika gula darah ibu hamil rendah, maka rasa pusing akan cepat datang dan bukan tidak mungkin akan membuat pingsan sang ibu, karena gula darah merupakan sumber makanan utama bayi dalam kandungan.

Sembelit
Sembelit adalah satu satu gejala yang kurang nyaman, yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Ketika hamil, hormon kehamilan akan memperlambat fungsi kerja usus, sehingga akan waktu penyerapan vitamin dan nutrisi ikut terhambat, dan tak ayal membuat rasa sembelit datang.

Setelah anda mengetahui "Gejala - Gejala Kehamilan" kini saat mengikuti petunjuk-petunjuk seperti makanan yang harus dihindari ibu hamil, bolehkah ibu hamil berpuasa serta tips merencanakan kelahiran.
Share this article :
Gejala - Gejala Kehamilan Artikel "Gejala - Gejala Kehamilan" Di Posting oleh: , dalam kategori Kesehatan. Melalui permalink http://drisye.blogspot.com/2011/12/gejala-gejala-kehamilan.html. Tanggal , pukul 5:30 PM. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :589,788 Reviews

Tinggalkan Komentar :

 
© 2012 Blog Remaja
Is Hosted by Blogger