Tips Strategi Cara Efektif Memulai Perubahan Dalam Bisnis

Seperti yang kita ketahui perubahan adalah hal yang konstan. Ini adalah kecepatan yang membuat perubahan yang efektif menjadi penting dan merencanakan apa yang akan terjadi kemudian adalah imperatif. Lihatlah pada dampak alat jaringan sosial seperti Twitter dan Facebook; siapapun dimanapun bisa mengutarakan opini mereka terhadap siapapun, apapun, kapanpun yang bisa bisa memberikan perubahan dengan cepat. Fenomenal!

Perubahan
Jadi bagaimana mengelola dan mengarahkan perubahan yang efektif dalam bisnis? Pertama pertimbangkan hal berikut ini :

1. Seperti apa bentuk pengelolaan perubahan yang efektif yang diambol dalam organisasi Anda? dan
2. Pengalaman apa yang diterima dan dihasilkan ?

Pertimbangkan pertanyaan ini secara obyektif yang memberikan peluang yang unik untuk meningkatkan percepatan perubahan ketika menggunakannya dengan tepat untuk organisasi dan orang-orangnya. Tidak ada solusi yang ‘satu ukuran untuk semua’. Perubahan yang baik membutuhkan teknik yang teruji. Teknik ini bukan roket penelitian tapi terkadang kita butuh mengingat hal dasar. 10 tips berikut ini membawa kita ke dasar untuk memperbaiki perspektif, mengurangi kerusakan dan akselerasi langkah untuk pencapaian.

Tip 1 - Menetapkan sasaran yang jelas

Sasaran SMART = Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (bisa dicapai), Realistic (realistis), dengan waktu penyelesaian yang sudah ditetapkan. Lihat pandangan yang jujur pada input yang digunakan untukmenetapkannya. Perlakukan seperti balon; putar dan bentangkan ke arah yang memungkinkan dengan menjaga kebutuhan organisasi sebagai pusat di sepanjang waktu.

Tip 2 - Menilai semua kekuatan dan kelemahan

Manajer tahu tujuan dan pentingnya analisa SWOT. Anggap ini sebuah bawang dan kupas bagian atas untuk mengupas lapisan demi lapisan untuk mengekspos hasil SWOT. Jangan ada satupun yang tidak terkupas untuk melihat apa yang tidak terlihat dan tidak diharapkan.

Tip 3 - Rencana, Rencana, Rencana

Seperti potongan jigsaw puzzle, sebuah rencana memiliki banyak komponen. Tahu dimana mereka, hubungannya, tanggung jawab untuk pengiriman, pengukuran yang sukses, dan taktik untuk hal yang tidak terduga. Tidak semuanya bisa diaplikasikan dengan sempurna, jadi sediakan rencana tindakan sebagai cadangan yang tidak bisa diimplementasikan.

Tip 4 - ‘Walk the Talk’

Berhati-hati dengan apa yang Anda minta. Lakukan dengan integritas sepanjang waktu dan jangan berharap membeli saat hanya diberikan lip-service. Lakukan seperti yang saya lakukan bukan lakukan seperti yang saya katakan.

Tip 5 - Pengetahuan adalah Power

Lihat dan dengarkan. Pengamatan adalah ketrampilan yang powerful yang memperkuat kepercayaan mengurangi keyakinan bahawa dengan berbagi pengetahuan adalah memberikan power. Bersifat tulus dalam upayanya untuk meningkatkan tingkat kenyamanan dan memaksimalkan pembagian pengetahuan.

Tip 6 - Mendengarkan dengan pemikiran terbuka

Dengarkan apa yang tidak diucapkan. Tinggalkan ide-ide yang dikandung sebelumnya dan terbuka dengan pandangan orang lain. Ini mungkin tidak segera mempengaruhi situasi tapi tidak mendukung respon yang berbeda di masa datang.

Tip 7 - Belajar berkata-kata

Fleksibel dan pragmatis saat penyampaian. Mengadopsi situsasi sebelum atau ketika mereka muncul dan berkolaborasi dengan orang lain untuk melepaskan tekanan dan memperbaiki jalan yang dilalui.

Tip 8 - Tetap pada jalur

Saat meninjau progres cek arah serta tujuan. Jika tujuannya telah bergeser atau aktivitas keluar dari jalur, jangan ragu membuat penyesuaian yang dibutuhkan dengan cepat untuk mengurangi kemungkinan terbuang sia-sia.

Tip 9 - Membuat keputusan sulit

Tidak semua keputusan mudah dibuat. Terkadang situasinya yang sulit, bukan keputusannya. Saat menghadapi keputusan sulit ambil sikap seperti Nike – Just do it!

Tip 10 - Merenungkan segala sesuatunya

Pengelola perubahan yang efektif tidak hanya berakhir saat pengiriman. Pembelajaran sejati membutuhkan perenungan tanpa penilaian atau kesalahan. Hanya ketika semua yang terjadi di ketahui maka penilaian bisa dilakukan dan memberikan pengalaman selanjutnya yang berbeda.