Berbagai Macam Layanan Perbankan

Setiap bank mempunyai ragam layanan perbankan yang berbeda-beda dimana bank akan menyesuaikan kebutuhan para nasabahnya. Namun terdapat beberapa poin standar layanan bank yang harus dimiliki oleh lembaga keuangan seperti bank. Berikut adalah beberapa poin standar layanan bank yang wajib dimiliki oleh lembaga keuangan seperti bank.
Kemudahan Transaksi
Salah satu layanan perbankan yang bisa dikategorikan sebagai jenis produk perbankan dan yang paling umum digunakan oleh nasabah adalah layanan ATM untuk para nasabah bank agar para nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi kapan dan dimana saja. Layanan ATM ini akan dihubungkan dengan nomor rekening para nasabah agar para nasabah tidak perlu untuk datang ke bank hanya untuk mengambil uang tunai sesuai dengan kebutuhan para nasabah. Layanan ATM seperti ini sudah lama digunakan oleh para nasabah bank di seluruh dimana hampir semua lembaga keuangan seperti bank telah menyediakan fasilitas ATM agar para nasabah mudah bertransaksi.

Bentuk layanan bank lainnya adalah adanya kantor cabang di berbagai wilayah. Dengan adanya kantor cabang di berbagai wilayah akan memberikan kemudahan transaksi bagi para nasabah untuk melakukan withdrawal dan deposit di kantor cabang yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal nasabah. Kemudian bentuk layanan bank berikutnya adalah call center dari sebuah bank. Call center di sini mempunyai fungsi untuk memberikan informasi yang jelas, tepat, dan akurat mengenai transaksi yang sedang atau sudah dilakukan oleh para nasabah. Ketika seorang nasabah menghubungi call center, staff bank akan memberikan bantuan sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh nasabah. Pihak staff bank juga akan memberkan rincian saldo pada rekening para nasabah jika diminta.

Safe deposit box merupakan salah satu layanan bank dimana para nasabah bank mempunyai hak untuk memyimpan barang-barang berharga mereka di suatu tempat yang sudah disediakan oleh pihak bank. Terdapat empat kriteria safe deposit box yaitu:

· safe deposit box merupakan tempat khusus yang disediakan oleh bank untuk menyimpan benda-benda berharga milik nasabah dimana pihak bank akan menjaga dan menjamin kerahasiaan dari pihak manapun
· mempunyai tiga ukuran yang berbeda dimana pihak akan menyesuaikan ukuran box dengan benda-benda berharga yang akan disimpan
· pada umumnya safe deposit box ini akan disimpan dan ditempatkan di pusat kawasan bisnis di kota besar
· safe deposit box ini akan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih selama 24 jam penuh.