Mendobrak Aturan dalam Bergaya

Kita biasanya mendapatkan saran tentang tren fashion yang sedang in, rambu-rambu dalam berpakaian dan bergaya yang harus diikuti, namun tidak ada salahnya juga mengubah hal-hal yang sudah pakem dalam bergaya. Sesekali menjadi pusat perhatian tidak ada salahnya kan?
Ada empat aturan dalam bergaya yang bisa Anda perbarui, contohnya:

1. Jangan pernah menggunakan warna hitam atau biru tua.

Para desainer ternama seperti Marcs Jacobs, Donna Karan, dan Gucci, tampaknya berusaha mempertimbangkan kembali aturan ini, dengan menampilkan model-model dalam warna-warna cerah. Lagipula, warna hitam dan biru cocok dikenakan saat musim hujan. Anne Hathaway, Cameron Diaz, Hillary Swank, dan Ashley Olsen sudah mengawali tren ini.

2. Jangan mencampurkan motif tertentu.

Hal ini penting, karena Anda akan terlihat aneh bila asal menabrakkan motif-motif tertentu. Jika Anda ingin tampil beda, pastikan warna dominan kedua motif yang Anda kenakan sama. Anda bisa memadukan corak kotak dengan garis, polka dot, atau bunga-bunga. Beberapa selebriti yang berhasil memadukannya dengan cantik antara lain Kirsten Stewart, Rachel Bilson, dan Whitney Port.

3. Sesuaikan warna tas dan sepatu Anda.

Paduan ini akan cocok jika Anda mengenakan pakaian bercorak. Namun jika pakaian Anda seluruhnya berwarna hitam, jangan takut untuk bereksprimen dengan aksesori yang Anda pakai. Pakaian Anda yang lama juga bisa "dihidupkan" kembali dengan mengganti tas dan sepatunya. Anda bisa memakai sepatu warna hot pink dengan clutch motif leopard warna keemasan, atau sepatu pumps motif ular phyton dengan messenger bag kulit warna hitam. Pastikan saja sepatu dan tasnya senada. Namun jangan gunakan sepatu boot ala koboi dengan tas tangan berbulu hitam yang lucu.

4. Hanya menggunakan warna berkilauan pada acara resmi.

Namun tidak ada larangan bagi Anda untuk menggunakan kesan berkilauan pada siang hari. Misalnya blazer beraksen manik-manik dengan jeans dan t-shirt akan memberi kesan flirty dan kasual, sehingga Anda bisa kenakan untuk acara kumpul dengan kolega di malam hari. Bila lebih berani, pakai celana panjang berkilap dengan sweater yang nyaman. Contoh saja gaya Khloe Kardashian, Cheryl Cole, Sienna Miller, dan Hayden Panettiere.
Silakan sharing, gaya ekstrim apa yang pernah Anda kenakan?