Lima Fakta tentang Sampo

SETIAP orang tentu sudah biasa mencuci rambut menggunakan sampo setiap beberapa hari sekali. Keramas berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala, serta mendapatkan rambut wangi dan indah.
Tapi, keramas bukan hanya soal mencuci rambut, membilas, serta mengeringkannya. Sejauh mana pengetahuan Anda soal sampo yang digunakan untuk mencuci rambut?

1. Sampo bukan hal terpenting dalam keramas
Tidak peduli sebagus dan semahal apa pun produk yang dipakai, jika tidak benar dalam cara penggunaannya, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebaliknya, memijat
kulit kepala dan rambut serta membilasnya merupakan bagian terpenting dari mencuci rambut.

Gunakan bantalan jari untuk memijat kulit kepala saat keramas untuk menghilangkan sekresi sebum. Dengan demikian, akar rambut dapat tumbuh dengan sehat di kulit kepala. Selain itu, pastikan untuk membilas rambut sampai bersih benar dari sisa-sisa sampo untuk mencegah penumpukan.

2. Home remedies belum tentu lebih baik
Hanya karena sampo yang digunakan berisi kandungan alami, bukan berarti kandungan alami tersebut sudah pasti baik juga jika digunakan sendiri. Lemon, contohnya, dapat mengiritasi kulit kepala dan folikel rambut jika dioleskan langsung.

Selain itu, mint dan menthol yang digunakan dalam produk perawatan rambut untuk menciptakan efek menenangkan, sebenarnya dapat menyebabkan reaksi alergi akut ketika digunakan sebagai home remedies.

3. Lebih sedikit, lebih baik
Menggunakan terlalu banyak sampo untuk menghasilkan banyak busa, sebetulnya kontraproduktif. Busa dapat membantu Anda mendistribusikan sampo ke rambut dan kulit kepala dengan baik. Tetapi, busa tersebut juga menghambat Anda untuk memijat kepala dengan baik.

4. Sampo tidak mengubah rambut secara permanen
Keramas mengunakan sampo yang tepat sama seperti mengikuti program latihan olah tubuh.Selama Anda melakukannya, penampilan akan terlihat baik. Tapi, begitu berhenti maka tiga bulan kemudian Anda akan kembali ke kondisi semula.

5. Rambut tidak cocok dengan sampo setiap waktu
Jika Anda tiba-tiba menyadari sampo yang digunakan tidak memberikan hasil maksimal sebagaimana biasa, jangan buru-buru melemparkan botolnya ke keranjang sampah. Rambut berubah seiring dengan perubahan musim. Jadi, ketidakcocokan itu mungkin timbul karena perbedaan tekstur rambut.

Atau, jika Anda tidak membilas rambut dengan sempurna setiap kali keramas, bisa terjadi penumpukan residu produk di kulit kepala. Jadi, bukan berarti sampo yang digunakan tiba-tiba kehilangan khasiatnya.