Inilah Makanan Penangkal Keriput

TAHUKAH Anda, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita bisa mengurangi atau justru memperparah keriput yang muncul di wajah. Jika selama ini Anda hanya memperhatikan perawatan luar untuk menjaga kulit wajah tetap kencang dan awet muda, mulai kini masukkan bahan makanan antipenuaan ke dalam diet Anda.

Ahli gizi asal New York, Keri Glassman, dalam buku berjudul 'The O2 Diet,' menekankan pentingnya mengganti makanan yang digoreng dan diawetkan. Pilihlah makanan yang segar dan kaya antioksidan untuk mengurangi garis-garis kerutan di wajah secara alami. Tambahkan pula sejumlah bahan makanan yang direkomendasikan ini ke dalam diet Anda:

Air lemon
Asupan tinggi air merupakan kunci kesehatan secara keseluruhan. Tapi, menambahkan jus lemon segar ke dalam botol minum Anda membantu mendetoksifikasi hati. Artinya, metabolisme pembakaran menjadi lebih cepat, sehingga menghasilkan kulit lebih cerah dan bening.

Omega 3
Salmon, biji rami, dan bubuk chia memiliki sifat antiinflamasi alami yang membuat kulit bersinar. Biji rami diperlukan untuk membantu tubuh menyerap nutrisi. Tambahkan biji rami dan bubuk chia ke dalam smoothies, puding, atau bubur untuk rasa lebih lezat.

Lemak sehat
Lemak baik yang ditemukan di dalam avokat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan mentega almond, membantu mentransportasikan vitamin ke seluruh tubuh. Lemak sehat menjaga kulit tetap terhidrasi, dan mencegah kulit kering dari risiko kerutan dan keriput.

Vitamin A dan C
Kedua vitamin ini kaya akan antioksidan, yang berarti mampu melawan agresor lingkungan penyebab penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin C, seperti terdapat dalam stroberi, sangat baik untuk produksi kolagen. Sementara itu, vitamin A juga membantu kulit memperbaiki dan memperbarui dirinya sendiri. Vitamin ini mudah dijumpai dalam sayuran hijau seperti bayam, dan buah-buahan oranye seperti melon.

Teh hijau
Daun teh hijau yang kaya antioksidan, memiliki sifat pelindung cahaya alami, yang berarti memperkuat pertahanan kulit melawan sinar matahari yang berbahaya dan dapat menyebabkan penuaan. Cari teh hijau versi organik untuk mendapatkan hasil lebih optimal.

Cokelat hitam
Berlawanan dengan kepercayaan populer, kakao bukan penyebab di balik serangan jerawat di wajah. Sebenarnya, gula, susu, dan pengisi (fillers) bermutu rendah lainnya yang menjadi penyebab iritasi kulit. Sepotong kecil cokelat hitam murni dan organik justru baik untuk kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu melindungi sel-sel kulit dari proses penuaan.