Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

Artikel kesehatan "Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil" - Seperti yang kita tahu, bahwa rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Satu dari lima orang, setiap tahunnya meninggal dunia akibat efek buruk yang ditimbulkan oleh rokok, seperti penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh darah tepi, penyakit paru menahun, stroke, penyakit ulkus peptikum (pada usus dan lambung), serta penyakit kanker.
Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

Dampak buruk yang bisa dialami oleh seorang perokok aktif terhadap kesehatannya, sudah tentu sangat merugikan, baik si perokok maupun orang disekitarnya - yang disebut sebagai perokok pasif - karena asap rokok ternyata mengandung racun, yang apabila terhirup akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Hal terburuk lainnya yang bisa berakibat fatal dari aktivitas merokok, yakni apabila seorang ibu hamil masih melakoni kebiasaan buruknya yakni merokok. Jika hal itu terus dilanjutkan selama masa kehamilannya, maka hal itu akan sangat berdampak buruk terhadap janin di kandungannya.

Beberapa Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil atau efek yang sangat berpotensi mempengaruhi kondisi janin, bila sang ibu masih aktif merokok.

1. Akan menyebabkan janin kekurangan oksigen, sehingga pertumbuhan janin menjadi terhambat. Selain itu zat nikotin dan karbo monoksida yang terdapat pada asap rokok, akan mengakibatkan kelainan pada plasenta.

2. Bayi berpotensi lahir dengan berat rendah. Selain itu perkembangan fisik, emosi, intelektual akan lebih rendah dari bayi normal. Ditambah dengan rentannya bayi terhadap infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Meningkatkan resiko terjadinya cacat bawaan pada bayi, seperti bibir sumbing.

4. Wanita hamil yang merokok, 50 persen akan mempengaruhi bayi terkena retardasi mental lebih besar, ketimbang ibu hamil yang tidak merokok.

5. Yang terburuknya yakni resiko kematian bayi mendadak lebih besar, karena fungsi paru pada bayi yang buruk.

Nah setelah anda tahu tentang Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil sekarang tinggal membaca mitos ibu hamil dan makanan yang harus dihindari ibu hamil. Semoga bermanfaat